Ronaldo dan Bale Penyebab Kepergian Zidane?

Keputusan Zinedine Zidane mengundurkan diri sebagai pelatih Real Madrid begitu mengejutkan. Padahal dia belum lama sukses mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Spekulasi pun bermunculan soal penyebab keputusan pelatih berdarah Al Jazair tersebut. Pengamat sepakbola Spanyol Guillem Balague menuding penyebab keputusan Zidane adalah komentar Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale setelah final Liga Champions.

Usai mengalahkan Liverpool 3-1 di final Liga Champions, Ronaldo dan Bale meragukan masa depan mereka di Bernabeau. Ronaldo memang sempat tidak harmonis dengan Zidane, sedangkan Bale mengungkapkan kekesalan lantaran minimnya kesempatan bermain yang didapatnya.

Menurut Balague, Zidane merasa bahwa otoritasnya dirusak oleh komentar dua pemainnya itu. Komentar Ronaldo dan Bale itulah yang memainkan peran besar dalam keputusannya untuk keluar dari Bernabeu.

“Cristiano Ronaldo, bukannya merayakan dengan rekan timnya malah memutuskan untuk berbicara tentang masa depannya dan ada keraguan tentang masa depan Gareth Bale. Kepergian Zidane akan berpengaruh besar pada Bale.,” kata Balague.

“ Dia merasa bahwa jarak antara pemain dan pelatih serta otoritas pelatih telah dirusak. Itulah mengapa dia harus pergi. Dia merasa bahwa para pemain membutuhkan sesuatu yang baru, mereka membutuhkan suara baru.”

“Zidane mungkin merasa bahwa jika pemain tidak ingin berbicara dengan saya, mereka tidak mendengarkan saya, saya bukan orang yang mengambil semua yang ada di papan dan mengubah dinamika. Dia merasa terserah orang lain untuk datang dan menghadapinya.”

Zidane mengambil alih sebagai pelatih klub yang sebelumnya diwakili sebagai pemain pada Januari 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *