Sebelum Manchester City, Ini 3 Juara Inggris Tercepat Sepanjang Sejarah

Manchester City di ambang sejarah. The Citizens berpeluang menjadi tim yang mengamankan titel Liga Inggris tercepat sepanjang sejarah.

Anak asuh Pep Guardiola akan menduduki takhta asalkan mengalahkan pesaing terdekat sekaligus klub tetangga, Manchester United (MU), di Etihad Stadium, Sabtu (7/4/2018).

Kemenangan pada derby tersebut membawa Manchester City mengoleksi 87 angka, tidak mungkin dikejar MU (68). Pasalnya, kompetisi tinggal enam pertandingan. Capaian maksimal MU dalam kondisi itu adalah 86 poin.

Kalaupun gagal, Manchester City masih bisa mengamankan titel pada partai berikutnya versus Tottenham Hotspur.

Catatan terbaik Liga Inggris sebelumnya adalah ketika tim merebut gelar saat kampanye menyisakan empat laga.

Kapan dan siapa saja yang melakukannya? Berikut penjabarannya:

Manchester United (1999/2000)

MU menjadi tim pertama yang menjuarai Liga Inggris dengan menyisakan empat pertandingan. Mereka melakukannya setelah menumbangkan Southampton 3-1. Hasil tersebut mengobati luka menyusul kekalahan dari Real Madrid di Liga Champions beberapa hari sebelumnya.

Alex Ferguson kemudian mendeskripsikan skuat musim itu sebagai tim MU terbaik yang pernah ditanganinya. Mereka akhirnya mengakhiri kompetisi dengan total 91 angka, memimpin 18 nilai atas Arsenal yang duduk di urutan dua.

Hingga sekarang, angka tersebut masih tercatat sebagai selisih terbesar juara dan runner-up di Liga Inggris.

Arsenal (2003/2004)

Invincibles Arsenal jadi tim kedua yang memenangkan Liga Inggris dengan menyisakan empat laga. Capaian itu merupakan titel terakhir The Gunners sampai saat ini.

Arsenal mengamankan mahkota selepas mengimbangi Tottenham Hotspur 2-2. Usai itu, mereka mampu menjaga konsentrasi dan membukukan rekor tidak terkalahkan sepanjang musim.

Pada empat partai sisa, The Gunners ditahan Birmingham City dan Portsmouth, serta menumbangkan Fulham dan Leicester City.

Manchester United (2012/2013)

Alex Ferguson mempersembahkan titel Liga Inggris terakhir bagi MU dengan menyamai rekor. The Red Devils tampil digdaya sepanjang kampanye.

Mereka akhirnya meraih gelar usai mengalahkan Aston Villa 3-0, usai pesaing terdekat Manchester City dikalahkan Tottenham Hotspur sehari sebelumnya.

Kunci kesuksesan MU pada musim itu adalah Robin van Persie, yang baru didatangkan dari Arsenal pada musim panas, dan akhirnya membawa pulang penghargaan sepatu emas.

“Saya sangat bahagia. Namun prestasi ini terasa aneh. Saya harus menunggu lama untuk merasakan gelar. Ini perasaan yang fantastis,” kata Van Persie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *