Sepatu Emas Eropa: Lionel Messi Samai Cristiano Ronaldo

Barcelona Megabintang Barcelona, Lionel Messi, meraih trofi Sepatu Emas Eropa untuk keempat kalinya. Pencapaian tersebut membuat La Pulga menyamai torehan Cristiano Ronaldo.

Messi tampil gemilang sepanjang musim lalu. Bersama Luis Suarez dan Neymar di lini depan Barcelona, striker tim nasional Argentina itu menjadi momok bagi pertahanan lawan.

Pemain 30 tahun itu mendulang 37 gol di La Liga Spanyol, dan total mencetak 54 gol dan 19 assist di berbagai ajang pada musim 20162017. Selain itu, Messi juga turut mengantarkan El Barca meraih gelar juara Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Meski begitu, La Pulga menilai kesuksesannya tersebut tak lepas dari bantuan para penggawa Blaugrana lainnya. “Saya selalu mengatakan jika penghargaan individu diraih atas bantuan tim.”

“Jika tim memperlihatkan performa yang bagus, kami akan memiliki kans untuk memenangi penghargaan tersebut. Memang benar ini adalah penghargaan untuk semua pemain. Tanpa rekan setim, saya tidak akan mencetak banyak gol pada musim lalu,” lanjutnya.

Dengan penghargaan tersebut, Lionel Messi telah empat kali meraih titel Sepatu Emas Eropa, yakni 2010, 2012, 2013, dan 2017. Sementara itu, Cristiano Ronaldo merengkuh trofi Sepatu Emas Eropa pada 2008, 2011, 2014, dan 2015