Terus Pakai Pita Kuning, Josep Guardiola Didenda FA

Manajer Manchester City Josep Guardiola didenda 20.000 pound sterling (Rp 381 juta) oleh asosiasi sepak bola Inggris (FA), Jumat. Hukuman itu dijatuhkan karena ia mengenakan pita kuning sebagai bentuk dukungan terhadap para politisi prokemerdekaan yang ditahan di kampung halamannya Katalunya.

Guardiola terus-menerus mengenakan pita itu pada pertandingan-pertandingan City di Liga Inggris, serta pada pertandingan-pertandingan di kompetisi piala domestik dan Eropa. FA menganggapnya sebagai pelanggaran.

“Manajer Manchester City Pep Guardiola didenda 20.000 pound dan mendapat peringatan untuk sikapnya setelah mengakui dakwaan FA untuk mengenakan pesan politis, khususnya pita kuning, yang merupakan pelanggaran peraturan-peratuan seragam dan iklan FA,” kata FA dalam pernyataannya.

Minggu lalu, ketua eksekutif FA Martin Glenn mengeluarkan pembelaannya terhadap keputusan organisasinya untuk menskors Guardiola.

Glenn belakangan meminta maaf terkait komentarnya terkait simbol-simbol agama dan politik, di mana ia memasukkan Bintang David dan swastika Nazi pada contoh lambang-lambang yang harus dicoret dari permainan.

Guardiola akan memimpin Manchester City menghadapi Stoke City dalam lanjutan Liga Inggris pada Selasa dinihari. Timnya kini mapan di puncak klasemen dengan keunggulan 16 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *