Timnas Indonesia U-19 Vs Brunei: Uji Mental Garuda Nusantara

Timnas Indonesia U19 akan menjalani laga kualifikasi Piala Asia U19 2018 menghadapi Brunei Darussalam, di Paju National Football Center, Korea Selatan (31/10). Laga nanti boleh dibilang menjadi uji mental pasukan Indra Sjafri.

Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U19, sebenarnya sudah dipastikan tampil di Piala Asia U19 2018 mendatang. Hal itu karena status Indonesia sebagai tuan rumah.

Akan tetapi, laga kualifikasi terbilang penting buat mereka. Selain guna uji kemampuan, Indra Sjafri juga mengindikasikan bakal mengganti pemain yang tak maksimal. Kontra Brunei, menjadi ujian perdana Timnas Indonesia U19. Di atas kertas, Indonesia jauh unggul dari lawannya itu.

Secara rekor pertemuan, Indonesia sudah enam kali bersua Brunei Darussalam pada level usia muda sejak 1974 lalu. Indonesia sukses rebut lima kemenangan dari sang calon lawan.

Apalagi, Garuda Nusantara punya beberapa bintang dalam skuat saat ini. Selain Egy Maulana, Hanis Saghara Putra bahkan dianggap Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) punya peluang untuk jadi penentu Indonesia. Apalagi, Hanis pada Piala AFF U19 2017 lalu, ikut dalam pesta 8 gol Indonesia ke gawang Brunei lewat satu golnya.

“Kami sudah beradaptasi dengan suhu di Korsel. Semua pemain dalam kondisi baik dan siap menghadapi semua lawan di kualfikasi Piala Asia U19 ini,” ujar Pelatih Indra Sjafri.

Kendati begitu, meremehkan Brunei malah bisa jadi malapetaka buat Indonesia. Mereka punya beberapa nama yag wajib diwaspadai, seperti Nur Asyraffahmi Norsamri, Abdul Wadud Ramli, dan Abdul Mateen Said. Ketiganya terlibat dalam empat gol Brunei di Piala AFF U18 2017 ini.

Terlebih, mereka pernah menang atas Timnas U19 besutan Indra Sjafri di ajang Hassanal Bolkiah 2014 silam. Kala itu, Garuda Nusantara kala itu takluk 13 dari Brunei.