Tottenham Hotspur Umumkan Rekor Pendapatan Klub US$431 Juta

Tottenham Hotspur mengumumkan rekor pendapatan klub senilai 306,3 juta pound (US$431 juta) untuk satu tahun yang berakhir 30 Juni 2017, terdorong oleh capaian tertinggi klub di Liga Inggris (Premier League) dan menembus tiket Liga Champions.

Dimulainya kesepakatan penyiaran domestik Liga Inggris selama tiga tahun membantu Spurs mengumpulkan 149,8 juta pound dari pendapatan TV dan media, naik dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 94,8 juta pound, pada musim di mana klub itu menempati posisi kedua di belakang juara Chelsea.

Keuntungan dari operasional, tidak termasuk transfer pemain dan sebelum item pengecualian serta depresiasi, naik sebesar 54,3 juta pound menjadi 177,6 juta pound.

Partisipasi dalam babak grup Liga Champions dan putaran 32 Liga Europa menghasilkan “gate receipt” dan hadiah uang sebesar 44,6 juta poundsterling.

Meskipun menjual tiket dari setiap pertandingan, penerimaan dari penjualan tiket Liga Inggris turun sedikit menjadi 19 juta pound dari 22,2 juta setelah adanya pembongkaran sudut timur laut Stadion White Hart Lane di pertengahan musim lalu.

Dengan klub menghadapi kompetisi melawan waktu untuk membangun stadion baru mereka agar siap untuk musim depan, Ketua Daniel Levy memperingatkan tantangan ke depan.

“Peningkatan keuangan dan sumber daya manusia terlihat sangat luar biasa dan signifikan untuk proyek-proyek yang menyerap modal, dengan skema yang sedang berlangsung di kedua situs stadion baru dan pusat pelatihan kami,” kata Levy dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai penjaga klub kami selalu sadar akan kebutuhan untuk memastikan stabilitas masa depan klub sekaligus mengelola pertumbuhannya,” tambah Levy.

“Kami berada dalam periode bersejarah bagi klub dan ada rasa kegembiraan yang meningkat. Akan ada banyak tantangan dalam beberapa bulan mendatang saat kami mendekati tahap akhir pembangunan stadion baru dan pembukaannya.” Klub London utara itu mengatakan belanja kumulatif untuk membangun stadion baru dengan kapasitas 62 ribu kursi naik dari 115,3 juta pound menjadi 315,1 juta pound selama periode tersebut.

Spurs yang dibesut pelatih Mauricio Pochettino, saat ini memainkan pertandingan kandang mereka di Wembley, duduk di peringkat keempat dalam klasemen Liga Inggris dan telah mencapai semi final Piala FA untuk musim kedua secara berturut-turut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *