Urus Naturalisasi, Beto Goncalves Bertahan di Sriwijaya FC

Palembang Striker asal Brazil Alberto Beto Goncalves dipastikan tetap berseragam Sriwijaya FC pada musim mendatang. Bahkan manajemen klub tengah mengurus proses naturalisasi Beto menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Beto yang dihubungi ANTARA dari Palembang, Sumsel, Rabu, (22/11/2017) mengatakan, semua persyaratan dokumen menjadi WNI sudah dinyatakan lengkap. Dia tinggal menunggu keluarnya Kitap (kartu izin tinggal tetap).

“Ini butuh waktu sedikit, sudah diurus oleh Aris (sekretaris tim) dan saya baru saja bertemu dengan dia. Jika Kitap sudah keluar, baru saya didaftarkan ke PSSI,” kata Beto.

Pemain 36 tahun tersebut mengatakan saat ini dirinya masih berada di Jakarta. Beto masih ingin kembali ke kampung halamannya di Brazil untuk berlibur sembari menunggu proses naturalisasi rampung.

Ketika ditanya motivasinya menjadi WNI, dia mengatakan salah satunya karena ingin membantu Sriwijaya FC. Pasalnya Laskar Wong Kito kerap kesulitan menambah pemain asing mengingat batas maksimal tiga pemain asing terus terpenuhi.

“Jika saya sudah tercatat sebagai pemain lokal, maka Sriwijaya bisa ambil satu pemain asing lagi, bisa untuk di depan atau di belakang,” kata mantan pemain Persipura ini.

Selain itu, motivasi lain yang cukup kuat yakni karena ia merasa sudah menjadi bagian Indonesia. Beto telah menyunting perempuan Indonesia, memiliki dua anak yang lahir di Indonesia dan memiliki sebuah rumah di Jakarta.

“Jika saya sudah WNI maka saya tidak mesti repotrepot lagi mengurus izin tinggal di Indonesia. Saya juga masih berharap bisa main 23 tahun lagi di Liga Indonesia, termasuk jika memungkinkan saya masih berharap bisa masih skuat Timnas,” kata pemain berusia 36 tahun ini.