Van Dijk Datang ke Liverpool, Duet Klavan-Lovren Membuktikan Diri

Dalam laga Burnley Vs Liverpool, aksi duet bek Ragnar Klavan dan Dejan Lovren di jantung pertahanan Liverpool pada  Liga Inggris, Senin, 1 Januari 2018, seperti menjawab kedatangan pemain belakang termahal di dunia, Virgin van Dijk, di klub The Reds itu.

Virgil van Dijk resmi menyelesaikan urusan transfernya hanya beberapa jam sebelum Liverpool bertandang ke markas Burnley, Stadion Turf Moor, pada pekan ke-22 Liga Primer Inggris 2017-2018. Harga kepindahan poros halang asal Belanda dari Southampton ke Liverpool itu fantastis, yakni 75 juta pound sterlig atau sekitar Rp 1,37 triliun.

Berita kepindahan resmi Van Djik di Liverpool itu bisa membuat  bisa membuat salah satu bek, di antara Klavan dan Lovren, akan lebih sering duduk di bangku cadangan klub berjuluk The Reds ini. Apalagi, berita kedatangan Van Dijk dikait-kaitkan pandangan tentang masih lemahnya sistem pertahanan Si Merah itu.

Permainan kombinasi atau kerja sama Klavan dan Lovren pada menit ke-94 yang membuahkan gol kemenangan 2-1 buat Liverpool melawan Burnley, menjadi pembuktian sempurna buat keduanya.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, dipaksa berpikir ulang untuk mempromosikan Van Dijk buat menggantikan peran Klavan atau Lovren.

Klopp seusai pertandingan Burnley melawan Liverpool itu menyatakan kepuasannya kepada sikap atau karakter semangat juang para pemainnya. “Itu sikap yang fantastis,” kata Klopp.

Klavan dan Lovren patut mendapat pujian teratas. Umpan Lovren pada saat injury time atau tambahan waktu setelah laga 90 menit yang disambut tandukan Klavan tergolong luar biasa.

Pada saat yang kritis itu, hanya beberapa menit sebelum laga berakhir, bukan para gelandang atau penyerang yang habis-habisan menggedor gawang lawan tapi dua poros halang di belakangan.

Tapi, memang, formasi pemain pilihan Klopp saat laga Burnley melawan Liverpool itu memang tidak ideal. Pasalnya, dua andalannya di lini tengah dan depan, Philippe Countinho dan Mohamed Salah, absen karena cedera.

Ragnar Klavan menjadi pemain Estonia pertama yang mencetak gol di Liga Primer Inggris sejak bergabung dengan Liverpool pada Juli 2016. Sedangkan pemain berwajah garang dari Kroasia, Dejan Lovren, terpilih sebagai pemain terbaik dalam pertandingan Burnley Vs Liverpool di Liga Inggris itu oleh beberapa media di Inggris, antara lain BBC.

Duet  heroik dua pemain The Reds itu saat pertandingan mereka di kandang Burnley tampak akan berakhir seri sangat penting. Berkat kemenangan itu, Liverpool terus memepet di peringkat keempat di Liga Inggris.

Dengan nilai 44, The Reds berjarak satu angka dengan urutan ketiga, Chelsea, dan dua angka dengan Manchester United di urutan kedua. Adapun City unggul jauh dari pasukan Klopp, yaitu 15 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *