Ventura Ingin Bungkam Kritik atas Timnas Italia

Swedia Pelatih Italia Gian Piero Ventura ingin membungkam kritik yang ditujukan pada timnya usai gagal lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2018. Dia yakin Italia akan mengamankan tiket ke Rusia tahun depan lewat jalur playoff.

Gli Azzurri harus meladeni Swedia di laga playoff Piala Dunia dalam dua leg. Leg pertama digelar pada Sabtu (11/11/2017) di Solna dan berlanjut ke leg kedua tiga hari kemudian atau 14 November di San Siro, Milan.

“Ini adalah momen penting bagi saya dan kisah saya sendiri,” tutur Ventura dalam konferensi persnya jelang pertandingan, seperti dilansir dari FootballItalia.

Pelatih 69 tahun tersebut juga menyadari para pemain timnas tengah merasakan tekanan yang sama. Skuat Italia merasa di atas angin karena rentetan kemenangan didapat sebelum pertemuan melawan Spanyol di mathday ketujuh Kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Itu juga berlaku untuk para pemain. Ada yang bisa memulai sebuah siklus dan yang lainnya bisa menyelesaikannya. Ini penting bagi semua orang, karena sisanya lahir dari usaha kami,” ucap eks allenatore Torino tersebut.

Pada laga lanjutan Grup G tersebut, Spanyol melibas Italia 30 di Santiago Bernabeu. Setelah itu, Ciro Immobile dan kawankawan mengamankan dua laga sisa dengan satu kali kemenangan dan hasil imbang yang membuat Italia finis sebagai runnerup Grup.

“Ada tekad dan juga keyakinan bahwa kami bisa melakukannya dengan baik, karena kemauan dan keinginan yang besar dari semua pemain. Lalu ada pula kasih sayang dari fans. Omongomong, terima kasih. Italia merespons saat kami membutuhkan,” katanya.

“Sebelum pertandingan lawan Spanyol, kami berhasil meraih banyak kemenangan berturutturut dan kerap bermain bagus. Setelah pertandingan itu, banyak kritik datang dari arah kita,” tutur Ventura.